RSS

Tata Cara Membuat Kipas Dari Anyaman Bambu

Membuat kerajinan anyaman dari bambu (Kipas)



Sejarah
  1. Bambu
Bambu merupakan pohon yang termasuk beraneka ragam jenis dan fungsinya, bahkan sebuah Negeri yang kita cintai ini berhasil di rebut kembali dari Penjajah oleh bambu runcing, yang di jadikan senjata utama oleh para Pejuang dulu. Waktu demi waktu, jama sudah berubah pun dari Era Tradisional, sampai sekarang yang di di sebut jaman Moderen pun, fungsi bambu masih kita pakai, bahkan semakin meningkat dengan adanya tangan-tangan trampil, diantaranya tidak sedikit sebuah cafe yang terkenal, gedung, atau bahkan hotel dan apartemen menggunakan arsitek bangunannya dari bambu.
Mungkin selain ingin meneruskan sebuah tradisi dari keluarga saya yang berasal dari keluarga Anyaman. Saya pribadi berinisiatif mengangkat sebuah seni yang berasal dari bahan bambu, yaitu Anyaman, dan sanya yakin seni dari bambu tidak akan silam di telan jaman, bisa saya buktikan seni music diantaranya yang dari bamboo seperti Angklung, sekarang sudah terkenal sampai Luar Negri. Tidak  menutup kemungkinan seperti yang saya bahas ini yaitu Ayaman bisa seperti Angklung, bahkan lebih mungkin, sampai terkenal ke Negara tetangga dan bahkan terkenal di seluruh dunia, di suatu saat nanti itu yang saya harapkan.
  1. Anyaman
Anyaman merupakan sebuah tradisi yang sifatnya turun temurun, dan juga merupakan sebuah hobi, atau sebuah kerjaan sampingan, bahkan sampai pekerjaan pokok untuk menghidupi anak istri. Akan tetapi waktu demi waktu anyaman semakin meningkat permintaanya di pasaran. Sampai harganya pun lebih mahal di banding dengan produk bahan bangunan yang termasuk bahan bangunan modern. Kenapa? Karna di samping pembuatanya secara manual, tahan produknya pun bisa puluhan tahun.
Macam-macam Ayaman
         a.     Anyaman Tunggal
  • Ayaman tunggal yaitu ayaman yang dibuat secara tungal/satu-satu di anyamnya. Ayaman ini bisa di gunakan untuk membuat kerajinan:
  • -          Saringan
  • -          Tampan/Cetakan pembuata Tahu
  • -          Cerangka dll

    b.     
    Anyaman bilik
  • Ayaman bilik yaitu: anyaman yang di buat/disilang secara berurutan dengan melewati/menganyamnya dua-dua. Ayaman ini bisa di gunakan untuk membuat
  • -          Bilik
  • -          Nyiru/tampan alat napi beras dan padi
  • -          Kombinasi di anyaman kerajinan yang lain.
        c.       Anyaman terateai
  • Anyaman teratei yaitu sebuah anyaman yang sangat unik dan indah, berfungsi untuk membuat bilik bangunan/gubuk dengan harapan hanya sekedar sebuah seni bangunan.

    d.     
    Ayaman Bunga Cengkih dll
  • Jenis ayaman ini bisa kita jumpai di beberapa anyaman seperti kipas, tolok/kecempeh, bakatul/sangku, dll
Bahan-bahan
  1. Bambu
  2. Kayu
  3. Tali rotan
  4. Tali dari plastik
Alat
  1. Regaji
  2. Golok
  3. Pisau Raut
  4. Jara/Paku
Cara
Pengambilan bambu
  • Pertama-tama kita hati-hati, waspada, penuh pertimbangan, dan tanggungjawab.
  • Pastikan kita memilih bambu yang muda dan tidak terlalu tua
  • Tidak semua bambu bisa kita pakai untuk membuat anyaman, karna jenis bambu sangat banyak dan fungsinya pun berbeda-beda, di sini yang kita pilih untuk anyaman adalah Bambu Tali.
  • Cari bambu yang ujung dan rantingnya tidak menyatu dengan bambu lain, karna untuk memudahkan kita nanti menarik pohonnya.
  • Bersihkanlah ranting-ranting yang sekiranya menghalangi langkah kita karna di kebun bambu biasanya di pakai sarang ular.
  • Perhatikan buku bambu harus panjang ukuran dagingnya sekitar 40-50 cm, hal ini membantu kita mempermudah mengolah bambu dan dalam menganyamnya nanti.
  • Sesudah di pastikan bambu pas umur dan panjangnya buat di jadikan kipas sebelum kita tebang.
  • Ketika kita menebang harus memperhatikan arah pohonnya dan dari dagu pohon bambu itulah kita di sarankan memulai pemotongannya, agar bambu bisa jatuh mengarah kepada arah condongnya. Jangan coba-coba sampai memotong dari arah pundak/arah atas badan bambu. Karna memang pundak bambu sepintas enak dan nyaman di potongnya tapi kalau kita potong pundaknya akan langsung membelah dan mengarah wajah kita, peristiwa ini sering terjadi karna akan kurangnya ke waspadaan kita, akibatnya wajah kita yang jadi sasaran bambu. Maka dari itu di sarankan hati-hati dan waspadalah ketika menebang bambu.
  • Sesudah pohon bambu jatuh, kita membersihkan rantingnya, sampai ke ujung yang sekiranya tidak terpakai.
  • Bagian yang kita ambil untuk membuat anyaman adalah bagian tengahnya, karna dari bagian itulah yang paling bagus dan cocok untuk membuat anyaman, tapi kalau kita mengambil bagian pohon bambu yang puhunya kita pasti kesulitan karna di bagian itu sangat keras dan biasanya pendek ukuran bukunya.
Macam-macam bambu dan fungsinya
-          Bambu Tali
Untuk membuat berbagai anyaman, bahan bangunan, bahan membuat tangga, bahan pembuatan tali/pengikat kayu bakar, pagar, sasak, tiang dll
-          Bambu Gombong
Bambu gombong merupakan bambu yang termasuk kelas bambu besar dan panjang ukurannya di banding dengan bambu yang lain, dan ini fungsinya untuk bangunan, pembuatan pagar rumah merupakan hal yang bagus karna konstruksi urat bambunya sangat rapih dan gampang di atur, untuk bahan tiang ini juga sering di pakai karna selain besar, dia juga kokoh dan tahan cuasa. Untuk bahan keramba ikan, untuk bahan reng genteng atap rumah, dan uniknya walaupun ukuranya besar tapi enak kalau di makan di jadikan sayur.
-          Bambu Tamiang
Bambu tamiang merupakan bambu yang hidupnya mayoritas tidak di pelihara dan banyak di jumpai di pinggir-pinggir sungai sepanjang pulau jawa. Biasanya para petani menggunakannya untuk bangunan, bahan saung sawah, dan mayoritas kelebihan bambu ini suka si buat bahan Tanggungan/ di Bahasa Sunda di sebut istlah Rancatan/alat untuk memikul. Dan masayrakat menggunakannya di jadikan untuk sayuran bagi bambu yang masih kecil kira-kira berukuran pendek sekitar 10cm-30cm.
-          Bambu Bareg-beg
Bambu ini merupakan bambu yang panjang ukuran bukunya, kecil, dan hidupnya sama seperti bambu tamiang di tepi sungai. Fungsi bambu ini karna ukurannya kecil dan panjang, untuk gantar, untuk senjata sumpit, untuk bahan tempat jemuran baju kalau di pedesaan, dan para seniman music mereka memanfaatkan untuk bahan suling dan hiasan yang di buat dari bambu.
-          Bambu Haur Geulis/ Bambu Teumen
Ini merupakan bambu yang struktur pohonnya kelihatan bagus dan rapih, maka masyarakat menyebutnya dengan bambu haur geulis, fungsi bambu ini masyarakat menggunakan untuk bahan pancingan, tangga, gantar, tongkat untuk anak-anak Pramuka, dan kalau masih kecil masyarakat memanfaatkannya untuk sayuran.
-          Bambu Haur Kuning
Jenis bambu ini berbeda dengan bambu yang umumnya, karna selain warnanya kuning dia juga ada hokum mitosnya, konon bambu ini merupakan sebuah senjata yang sangat ampuh dan pernah di gunakan dulu oleh para pejuang kita, dan pada masyarakat sekarang ini sebuah senjata yang di gunakan untuk menaklukan orang jahat yang menggunakan ilmu Rawa Rontek yaitu sebuah ilmu yang bisa menyambungkan kembali organ yang di potong, atau ilmu yang lain dan biasa di gunakan oleh orang-orang jahat, bambu inilah senjata ampuh yang bisa menaklukan hal tersebut. Di era modernisasi sekarang bambu ini di jadikan hiasan halaman, atau hiasan sebuah kafe, bahkan hiasan sebuah apartemen sekalipun, memang indah, menarik bentuknya. Di samping ini semua bambu ini merupakan bambu yang enak di konsumsi, ketika masih kecil.
-          Bambu Hitam
Bambu macam ini merupaka bambu yang popular dan sering kita jumpai di berbagai kesenian, hal tersebut tidak aneh karna bambu ini merupakan bambu yang indah, dan unik, mayoritas di pergunakan untuk bermacam-macam seniman, bahan bangunan, bahan membuat angklung, calung, anyaman pun sering kita lihat sebuah kafe dan restoran yang menggunakan bangunan tradisional anyaman bilik, tiang dll memakai bambu hitam yang di ukir sedemikian rupa.
Pengolahan bambu
  • Bambu yang sudah di tebang kita potong perbuku dengan menggunakan regaji supaya rapih hasilnya, dan usahakan jangan dengan bukunya kita ambil dagingnya saja.
  • Setelah  di potong kita bersihka hinis/kulit yang bisa melukai kulit kita
  • Usahakan pengerikan kulit tadi sama rata dan rapih
  • Setelah beres perngerikan baru kita memulai pembelahan dan pengirisan, kita sesuaikan saja dengan besar kecilnya bulatan bambu
  • Setelah pengirisan lalu kita keringkan bisa dengan sinar matahari atau kita bisa dengan cara di ganggang di atas tumpu
  • Sesudah kira-kira kering rata kita sebit dengan menggunakan pisau raut/pisau lain asalkan tajam, dan di usahakan pisaunya tipis tapi keras. Dari sinilah kita di tuntut harus hati-hati karna banyak yang gagal dan urat bambu biasanya susah di sebit kalau kita belum biasa
  • Kita sebit dengan ukuran tipis agar kipasnya lenrut dan mudah untuk di anyamnya
  • Kemudian kita lihat apakah masih perlu pengeringan atau tidak, caranya kita coba raut/bersihkan bulu-bulu pori-pori daging bambu, kalau kelihatan sudah kering maka kita teruskan saja raut, tapi kalau bulunya masih mengembag dan susah di bersihkannya itu berarti masih perlu pengeringan.
  • Perautan. Dalam perautan/perapihan terakhir ini kita memerlukan sekil yang harus hati-hati karna sama seperti pengirisan tadi pasti banyak yag terbuang karna selain bamboo sudah kering, dan tipis maka pasti sering kita terpotongnya,
  • Dalam proses perauta kita menggunakan tangan atau paha kita.
  • Gunakan kain di tangan dan paha  kita agar tidak terkena irisan/terusuk oleh pori-pori bamboo.
  • Bahan anyaman kita ikat agar tidak berantakan
  • Setelah beres peralatan kita menuju ke anyaman

    Cara menganyam
  • Jangan kaku
  • Tidak cepat bosan/putus asa
  • Sebaiknya kita menganyam di lantai yang datar
  • Dekatkan bahan anyaman yang sudah kita ikat rapi
  • Simpan ikatan itu di samping kita untuk mempermudah pengambilan bahan
  • Gunakan alas duduk yang tidak terlalu tinggi dengan lantai
  • Lengkapi dengan music clasik/radio yang mengiringi kita dalam menganyam agar tidak cepat ngantuk/bosan.
  • Penganyaman kipas ini berbeda dengan menganyam bilik, tolombong, tampan, atau yang lainnya. Karna caranya di balik agar kedua sisinya kelihatan rapih dan tidak ada ujung anyamannya.
  • Pertama kali memuai menganyam kita siapkan dua helai irisan bamboo yang satu bagian dagingnya, nyang satu hinisnya atau lebih baik duanduanya memakai hinis agar kelihatan hasilnya rapih
  • Untuk sumbu tengah kita perlu yang panjang
  • Sumbu yang satunya di zig-zag ukurannya agar nanti pas kita balikan cukup untuk ukuran di anyamkan
  • Kita membuat sudutnya dengan menyilangka dan melipat secara sejajar dengan bagian yang kita buat untuk sumbu tengah dengan cara menambah bahan anyaman.
  • Cara menganyam ini tidak lepas dengan hitungan satu-tiga-satu sampai seterusnya, dan yang ke sampingnya jangan salah jumlah anyamannya dua.
  • Lakukan itu dengan berulang-ulang sampai hasilnya menjadi segitiga, dan sampai kira-kira kita sudah pas untuk membalikan anyaman itu.
  • Perhatikan pas kita mau membalikan anyaman jangan salah dan jangan lupa akhir penganyaman kita akhiri dengan kitungan satu, agar rapih hasilnya, berbeda dengan kita letakan dengan tiga, hasilnya akan terlihat tidak rapih.
  • Lalu kita saatnya membalikan anyaman kita dengan cara melipat ujung terakhir yang kita anyamkan, dan menganyanya kembali ke bagian tengahnya sampai ujung
  • Lakukan selanjutnya dengan cara yang sama, sampai pada akhirnya akan jadi dan siap untuk diproses selanjutnya.
Pengambilan kayu

Fungsi kayu disini yaitu untuk dijadikan sebagai gagang kipas, dan untuk penjepit ujung anyaman. Kayu yang kita perlukan tidak susah, ranting pohon pun bisa dijadikan sebagai gagang kipas, akan tetapi cara pembelahanya harus ekstra hati-hati, karna akan mempengaruhi kerapian.
Yang disarankan untuk bahan kayu yaitu:
-          Albasia karan struktur kayunya lembut dan mudah untuk kita gergaji/di belah, akan tetapi mudah untuk patah.
-          Mahuni, jenis kayu ini memang keras dan lentur, aka tetapi kuat untuk dijadikan gagang dan rapi kelihatannya, di sarankan cara pembelahanya kita menggunakan gergaji karna urat kayu didalamya sangat rapat dan susah di belah.
-          Afrika, kayu ini memang jarang di gunakan karna jarang di temui, tapi bahannya bagus karena mayoritas pohon dan rantingnya lurus, kayu ini hampir sama dengan mahuni, tapi kalau kita bandingkan lebih keras mahuni, dan terdapat serabut di dalamnya.
-          Salam, jenis kayu ini sangat keras dan berat, akan tetapi mudah untuk di belah. Mayoritas tumbuhnya di tepi sungai dan jarang manusia menanamnya secara sengaja jadi tumbuhnya dengan alam/burung/ tapi kebanyakannya oleh kelelawar karna buahnya yang di makan oleh kelelawar dan kalong.

Pengambilan rotan

Rotan digunakan untuk bahan tali, bisa juga untuk gagang, ada juga untuk kerajinan lain seperti membuat kursi, meja, dll.
Di sini saya akan membahas cara pengambilanya. Karna rota berbeda dengan tumbuhan yang lain rotan merupakan tumbuhan yang di penuhi oleh duri di seluruh pohonnya, sampai ke daunnya juga di penuhi. Kaka dari itu tatkala kita mau mengambilnya harus ektra hati-hati.
Alat yang di perlukan:
  1. Golok/Pisau Besar merupakan alat yang utama di dalam pengambilan rotan, golok bisa untuk menebang, memotong, bahkan sampai melupas kulit rotan
  2. Gergaji fungsinya untuk memotong rotan yang ukuran besar
  3. Kayu/tongkat yang bercabang merupakan senjata kita untuk menghindari duri yang menyentuh ke badan kita ketika kita lagi menebang rotan, dan berfungsi untuk memukul-mukul semak-semak tatkala kita memulai memasuki rimbunan rotan, agar hewan (ular, kalajengking dll), bisa kita takut-takuti dengancara memukul-mukul semak-semaknya.
  4. Api untuk membakar duri rotan, yang hendak kita kupas kulitnya, dan daunnya yang sudah kita tebang. Fungsi api juga untuk membentuk ukuran/bentuk yang kita inginkan dalam membuat kerajinan lain.
Pengolahan rotan
Sesudah kita mendapatkan pohon rotan yang kita ambil, maka untuk pengolahan rotan bahan untuk membuat tali anyaman memerlukan beberapa proses:
  1. Proses penyebitan/pembelahan rotan di bagai-bagi samppai beberapa bagian
  2. Ketika kita membelahnya dan membaginya harus ektra hati-hati
  3. Setelah membaginya kita gulung dan ikat
  4. Usahakan dua minggu di rendam di kolam, agar lebih lentur dan tidak mudah putus, serta agar awet harus lebih lama di rendamnya.
  5. Setelah perendaman maka kita mengeringkan dengan cara di jemur
  6. Setelah pengeringan kita baru menuju ke prautan.
Pembagian/penyobekan tali dari plastik
Tali yang berasal dari pelastik biasanya berasal dari tali yang bekas pengepakan barang, bukan sejenis rapia. Pembegaian/penyobekan dalam pelastik juga kita harus hati-hati dengan menggunakan pisau/kater.
Fungsinya sama untuk mengikat tali antara kayu dan anyaman.
Pengikatan/pemasangan tali pada kayu dan anyaman kipas
Perta-tama kita rapihkan dulu anyaman yang sebelah atas kipas, dengan cara di potong dengan rapi, supaya rapi kita memerlukan alat
  1. Golok
  2. Kayu bertali
  3. Kayu yang persegi, untuk memotong secara lurus dan menjepitnya.
Setelah rapi baru kita masukan hasil anyaman ke kayu bahan gagangan itu, dan yang sudah di belah secara rapi tadi. Di sisi kita memerlukan paku yang di kasih gagang fungsinya untuk membuat lubang tali pada anyaman. Setelah itu kita ikat dulu untuk ikatan sementara dengan mengguakan tali bambu, agar ketika kita mengikat dengan tali rotan/plastic kayu dan anyaman tidak terpisah/acak-acakan.
Dalam proses pengikatan/tali berbeda dengan mengikat benda lain disini, talinya selain harus panjang, kita juga dalam penalian disarankan tidak memutuskan tali, karna agar kokoh, tidak mudah lepas dan rapi hasilnya.

Fungsi/Kegunaan Kipas dari Bambu
Diantataranya:
  1. Ciri khas adat (adat sunda)
  2. Di sebuah adat memang erat kaitannya baik dari segi kesenian, bahasa, samapi alat-alat rumah tangga sekalipun, ini penting dan merupakan dari cirri has adat itu sendiri, kalau di Kota Bandung itu ada tempat yang namanya yaitu Musium Sri Baduga, disana terdapat sebuah cirri-ciri has Adat Sunda yang kumplit, diantaranya yaitu alat-alat masak seperti Anyaman Kipas.
  3. Untuk alat-alat masak dalam  rumah tangga (menanak nasi)
  4. Di pedesaan seperti daerah Tasikmalanya, Ciamis, Garut, kipas ini sebagai alat rumah tangga, dan fungsinya untuk menanak nasi, dan mendinginkan makanan.
  5. Untuk pembakaran sate
  6. Pedagang sate mayoritas menggunakan alat tradisional, dari muali jenis arangnya, kipasnya, agar kualitas aroma dan rasanya.
  7. Untuk menghilangkan rasa gerah
  8. Di pedesaan biasanya menghilangka rasa gerah dengan menggunakan anyaman kipas, selain bernilai ekonomis mereka juga bisa sambil duduk bercanda gurau di depan rumah, atau sabil ngopi, setelah seharian menguras tenaga, pulang dari sawah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

76 komentar:

Juli Patricia mengatakan...

kalau penjelasannya dgn singkat caranya gak ada ya??

Juli Patricia mengatakan...

gak on lagi ini ya blognya??

Anonim mengatakan...

Menarik sekali cara bikin kipas dari anyaman bambunya.

Energi dari Alam Energi dari Gelombang Radio Komunikasi mengatakan...

Daerah Tumbrasanom di kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, adalah pusat kerajinan anyaman Bambu di Indonesia, penduduk di desa Tumbrasanom , Kedungadem, Bojonegoro, terkenal karena kepandaian dalam membuat anyaman Bambu untuk dinding Gazebo, Resto, etnik motif,dan anyaman dari daun Pandan untuk karpet alam, silahkan datang langsung ke desa Tumbrasanom , Kedungadem , Bojonegoro..

Energi dari Alam Energi dari Gelombang Radio Komunikasi mengatakan...

Daerah Tumbrasanom di kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, adalah pusat kerajinan anyaman Bambu di Indonesia, penduduk di desa Tumbrasanom , Kedungadem, Bojonegoro, terkenal karena kepandaian dalam membuat anyaman Bambu untuk dinding Gazebo, Resto, etnik motif,dan anyaman dari daun Pandan untuk tikar yang alami dari alam, silahkan datang langsung ke desa Tumbrasanom , Kedungadem , Bojonegoro..

Energi dari Alam Energi dari Gelombang Radio Komunikasi mengatakan...

Daerah Tumbrasanom di kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, adalah pusat kerajinan anyaman Bambu di Indonesia, penduduk di desa Tumbrasanom , Kedungadem, Bojonegoro, terkenal karena kepandaian dalam membuat anyaman Bambu untuk dinding Gazebo, Resto, etnik motif,dan anyaman dari daun Pandan untuk tikar yang alami dari alam, silahkan datang langsung ke desa Tumbrasanom , Kedungadem , Bojonegoro..

Unknown mengatakan...

wah bagus tuch info nya ... tapi saya tuch lagi nyari yang suka bikin bambu buat ditempel kain kipas.. kira-kira ada yang tahu ngak yach...


BANDUNG Paris van Java With Love: CETAK BUKU YASIN 2013

Arie Ferdiansyah Properti Kontruksi Sosial Komunikasi mengatakan...

http://youtu.be/emIR9S0-_MM


Di Tumbrasanom , Kedungadem , Bojonegoro, juga ada pula UKM Kuliner Cilok Pentol isi telur puyuh , Cilok Pentol isi telur puyuh ni dibuat sendiri oleh pak Udin Tumbrasanom gang Masjid Raya Tumbasanom, olahan Cilok atau Pentol yang berbahan dasar tepung dan daging sapi ini berisi isi telur puyuh, dengan tambahan Saus sambal yang bercitarasa tinggi, terima juga orderan pesanan untuk suply pedagang kelilingan cilok dan pentol lainnya, makanan murah meriah ini yaitu UKM Kuliner Cilok Pentol isi telur puyuh Pak Udin , juga dipasarkan hinga daerah sukorame, sidorejo, seluruh daerah di kedungadem, dll, silahkan order dan pemesanan langsung ke Pak Udin Tumbasanom Gang Masjid Raya Tumbrasanom, Kedungadem, Bojonegoro,

Unknown mengatakan...

tolong d sertai gambar mas

Unknown mengatakan...

saya izin copas bagian cara membuat kipasnya ya untuk tugas sekolah. saya cantumkan sumber kok :)

Fhpororo_ Story mengatakan...

gimana langkah-langkahnya ????

Unknown mengatakan...

gambarnya mana mas?

Unknown mengatakan...

Teerimakasih ka, informasinya :)
izin share,,,
http://kedaiacemaxs.com/ace-maxs/

Anita FZ. mengatakan...

Mantap neh info :)

Kunjungi juga ya Rumah Pembuatan Tirai Bahan Bambu : www.negritiraibambu.com

dan sentra desain tenda canopy awning : www.indocanopy.com

SDN 01 BEJEN, KRA mengatakan...

trimaksih atas infonya, ijin share

Anonim mengatakan...

sipp..
Tas Wanita

Unknown mengatakan...

nice infonya gan

http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/dari-warisan-mertua-sampai-jatuh-cinta/#news

Ruslan Wahid mengatakan...

berbagai macam kerajinan tangan dan bahan ajar seni budaya, kunjungi..

http://ruslanwahid.blogspot.co.id

Unknown mengatakan...

Wahh artikelnya bagus sangat bermanfaat sekali nih
Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

Syafitri mengatakan...

Salam kenal Saya TKI DI MALAYSIA
Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh sahabat Sosmed,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
BANTUAN DARI KI BARONG
1.PESUGIHAN
2.TOGEL
3. DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda memilih jln pintas buat masalah Anda.

Unknown mengatakan...

Wahh keren dan sangat kreatif sekali
Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

Unknown mengatakan...

Klo kipas sate ada gk boz

Unknown mengatakan...

Setuju

Unknown mengatakan...

Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel online cuma di keris4d > Keris2018.com Main Togel, Casino Dan Taruhan Bola Online

bandar togel aman
bandar togel terpercaya
bandar togel online aman
bandar togel online terpercaya
bandar togel
togel online
bandar togel online aman terpercaya
bandar togel terbesar
situs togel terpercaya
agen togel aman
situs togel terbaik
bandar togel terbaik
agen togel online
agen togel online aman
agen togel online terpercaya
situs togel aman
situs togel online
situs togel online aman

Rekomendasi > WIKIPEDIA

Admin mengatakan...

lets see it cdhpl.com

Siska qravity mengatakan...

wah jadi seperti itu cara buatnya makasih yah kak

Mayora Indah

martin mengatakan...

PBS Org is American based channel which provides good and best quality content to its users where in all over country. For watching all your favorite channels on Activate PBS Device you have to activate it using link pbs.org/activate. Read more information visit os4pbs.org.

office-office-office mengatakan...


Why Do errors Appear while Installing Office?
The office is one of the most important, best and therefore the top-rated Productivity Software within the market. Office.com/Setup
This just creates an area for a lot of errors and warnings for the software to possess while installing or while running. there's a transparent need for the software to run on a system that doesn't have any fault and has all the dependencies within the system to run office smoothly, in case any of the need isn't met, the software will simply produce a mistake or a warning which will not allow you to continue the method till the error is fixed and removed in order that you'll have smooth and delightful running software with none problem. If the errors were made to be ignored, it could cause data loss later, so these errors and warnings are permanent.

Anonim mengatakan...

how to fix it, we cope professionally with all the problems that fall in the way of people and the technologies they use. We help you find answers to all the issues with Windows 10, iPhone, desktop, scanner, modem, and applications with a lot of specialists and innovators working hard.

The domain name system or DNS is a decentralised organised and hierarchical system for computers, utilities and other resources connecting to the internet along with a private network.

For gamers, when they are all suited up to play their favourite title and unexpectedly a mistake happens, it is a major nightmare.The
x box One is one of the most successful gaming consoles with an unprecedented gaming experience.

Did you ever see the message 'No Operation' at the top of your iPhone screen so How do you fix no service on iPhone? Oh, when your iPhone arrives with this dreaded message, then your system is likely to be in a critical situation. If it says No Operation on your iPhone,

The Windows register plays an important role in your computer's workflow. They are responsible for maintaining all your computer's important data, including settings and other values that are key to operating the PC software. if there is some error in computer so How to fix broken registry items Windows 10

When you start talking on your microphone, which is attached to Windows 10, a lot of background noise is enough to get you irritated so How to fix mic sensitivity Windows 10
,When you start recording high-quality music, this usually happens. This is one of the most popular Windows 10 issues that typically arises due to such configuration updates.

sweet dreams cattery mengatakan...

it's so refreshing to see a post that talks straight to the point. thanks so much for writing about this it has really helped me with building my experience. thanks a lot

Golden and Labrador Retriever Puppies For Sale
Golden Retriever Puppies For Sale   

Labrador puppies for sale near me   

Black Labrador puppies for sale   

white golden retriever puppies near me   
black and white.retriever puppies for sale 
retriever puppies for sale 
golden retriever puppies for sale cheap
golden retriever puppies for sale $200

golden retriever cute puppies
red golden retriever puppies
english cream golden retriever puppies
Labrador Golden Retriever Puppies For Sale
free labrador retriever puppies
labrador retriever puppies ohio
Golden and Labrador Retriever Puppies For Sale in NY
Labrador Retriever Puppies For adoption
golden retriever labrador mix puppies Sale
golden retriever vs labrador puppy
english labrador retriever puppies for sale
english labrador retriever puppies for sale near me 

black english labrador retriever puppies  
labrador retriever mix puppies 
golden retriever labrador mix puppies 
labrador retriever husky mix puppies 
golden retriever lab mix puppies 
golden retriever husky mix puppy 
black lab golden retriever mix puppies 
golden retriever mix puppies for adoption near me 
cream and white golden retriever puppies 
red and black golden retriever puppies 
golden retriever puppies for adoption near me  

Brukkevin mengatakan...

Fantastic blog i have never ever read this type of amazing information. Tom Hardy Jacket

Aalex Morgan mengatakan...

"Thankyou for sharing the wonderful post and all the best for your future. I hope to see more post from you. I am satisfied with the arrangement of your post.
You are really a talented person I have ever seen
aol email login| aol email login|
netgearrouterlogin|facebooksignin|
gmail not working|comcastemaillogin|
roadrunneremaillogin|
aol email login|
paypallogin||aol email login||
yahoo maillogin||yahoo maillogin|
quickbooks online login||
intuit quickbooks login||
amazoncompromocode"

ATT Login|amazon.com/code|
PayPal Login|Cash App Login|
Cash App Login|QuickBooks Online|
Linksys Router Login | aol.com login |
www.amazon.com/mytv | |Brother printer offline |
www.aol.com mail login | |Yahoo.com Mail Sign In|

Jordan Leonard mengatakan...

I love this site, it is a new theory, I read it, gives good knowledge.
fl studio
ableton live crack
iobit smart defrag crack
superantispyware professional key activation code free

Shoaib Amin mengatakan...

I’m impressed, I must say. Seldom do I come across a blog
that’s equally educative and interesting, and without a doubt, you’ve hit the
nail on the head. The problem is something which too few folks are speaking intelligently about.
I am very happy I found this in my search for something concerning this.
outbyte pc repair crack
windows 11 download
braina pro crack
malwarebytes anti malware crack keygen

Junaid Khan mengatakan...

I liked it so much that you feel good
here Sketch made with taste, the theme for your author
elegant to buy
impatience with what you have to offer.
Well, without a doubt, you will come back before this, just like very often if you support this growth.
photofiltre studio x crack
smart defrag portable crack

radhey mengatakan...

quickbooks login is a business accounting software developed to promote the growth and productivity of any business and provide automation of many business tasks that could otherwise be really time-consuming and tedious to finish.

Zaki Saanvi mengatakan...

I am very impressed to see this blog on my eyes. Thanks for sharing this post with us.
bitwig torrent
fonepaw registration code free
avast internet security full crack

Entire Help mengatakan...

Travel Write For Us Entertainment = Pirates Of The Caribbean
Write For Us Services = How Does Doordash Work
Write For Us Software = offline status of your Canon printer
Crawl Info

onlyfans hack mengatakan...

it is good tool free spins coin master

primevideocommytv mengatakan...

Get to know the process to do Amazon prime video login close by the strategy in the first place using your Amazon Prime enrollment and start it on Amazon My TV. Essentially hold fast to the quick headings and come out as comfortable with the method to use Primevideo.com/mytv code. There are three fundamental systems using which you can impel your enrollment.
Read more…
www.amazon.com/mytv

Edwardbrown853 mengatakan...

These ancient thing are cool nowadays but very expensive too but you can save money my generating free robux and can invest that saved moneyino something useful

Web Blogger mengatakan...

This is very useful software for you and me. No errors were found during the check.
You can use it. I hope you like it.
freemake video converter crack
ummy video downloader crack
avocode crack

Andrew Stark mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
onlyfans hack mengatakan...

Click Here for OnlyFans Hack OnlyFans Hack Generator

automobile4 mengatakan...



/ely-bella Model Austin White Bio Age Heigt Weight Affairs Familyely-bella Model Austin White Bio Age Heigt Weight Affairs Familyely-bella Model Austin White Bio Age Heigt Weight Affairs Familyely-bella Model Austin White Bio Age Heigt Weight Affairs Family


dayana-cadeau-bio-age-weight-net-worth-quick-facts-boyfriend-instagram
dayana-cadeau-bio-age-weight-net-worth-quick-facts-boyfriend-instagram
dayana-cadeau-bio-age-weight-net-worth-quick-facts-boyfriend-instagram
dayana-cadeau-bio-age-weight-net-worth-quick-facts-boyfriend-instagram
dayana-cadeau-bio-age-weight-net-worth-quick-facts-boyfriend-instagram

Crack Advise mengatakan...

Nice Blog Enjoy using this amazing Software.
iMyFone LockWiper Crack
IObit Uninstaller Pro Crack
Global Mapper Crack
Soni Typing Crack

James Watson mengatakan...


Which gadgets are Appropriate for amazon.Com/mytv?
Most clever apparatus with all internet-enabled capability will work with the Amazon Prime Video App seamlessly. You need a trusted online connection to get into the streaming apparatus after which hyperlink the Amazon MYTV via the legit internet site of Amazon Prime Video link primevideo.Com/mytv.

Amazon.Com/mytv, using the activation code you get from the tv display. Supported devices contain Firestick with Amazon Prime application mounted, Android TV, Roku TV, and Sony TV. Others contain Vizo TV, Amazon Fire TV, X Box One and Xbox 360 Console, and Apple-TV, amongst others.

www.amazon.com/mytv enter code

www.amazon.com/mytv

www.amazon.com/mytv code

Mcafee mengatakan...

I really love your blog posts, they are so awesome. read my blogs at mcafee.com/activate

Unknown mengatakan...

I absolutely agree with the above. In addition, I would encourage using a service like Yorkie puppies for sale, sphynx cats for sale

Unknown mengatakan...

Hello Yorkies From Elvis Yorkshire Terrier - Specializing in Teacup Yorkies
We are small breeders whose goal is to produce healthy, high quality little teacup size Yorkie puppies for sale. In order to have puppies for sale most of the time we have teamed up with a couple of other Yorkie breeders that have the same goals in mine. In fact we have some of their Yorkie breeders and they have some of our breeders.
yorkies for sale, teacup yorkie puppies for sale, Yorkie puppies for sale
yorkie for sale, teacup yorkies for sale

sintawiranata mengatakan...

Thank you for making this craft. You are really amazing. Good article. sourcing-asia.com

Nortonsetup mengatakan...

Activating your McAfee account is a quick and straightforward process. Go to mcafee.com/activate and follow the on-screen guidelines to manage your McAfee account.

CPM Systems Pvt. Ltd mengatakan...

If you want to build a corporate office for your company, you need to make sure that you have the ideal office furniture. The question is where should you buy your furniture from? This blog will look at a few options you can consider when looking for office furniture.
Office furniture manufacturer Office furniture manufacturers

deanffranklin@gmail.com mengatakan...


Hi, I do believe this is a great site. I stumbledupon it 😉 I will revisit lakers jacket starter
yet again since I book-marked it. Money and freedom is the greatest way to change, may
you be rich and continue to help others.

Free Social Bookmarking Site mengatakan...

This is a free social bookmarking site . You can bookmark your favorite sites and share with the world. You can also find new sites you might be interested in. Read more here.

crackadvise mengatakan...


Thank you for sharing my site very nice blog

OutByte PC Repair Crack

EarthView Crack

Movavi Business Suite Crack

ApowerREC Crack

Syncios Mobile Data Transfer Crack

andy mengatakan...

AOL mail Login – How to Access My AOL Account | Login to AOL Mail | AOL Mail Login
my aol mail login

Unknown mengatakan...

American Express offers the best in Credit and Charge Cards, Gift Cards Rewards and Travel, Personal Savings and Business Services Insurance, and much more.
Log into with Your Canada American Express account to enable an account, check and redeem the reward points you earned, have an answer to a question and a variety of differenthbomax.com/tvsignin
Mcafee.com/activate
amazon code

alexammy mengatakan...

Sometimes, you might need to verify the credentials that have been submitted. This could be your email address, phone number or any other information that the website requires. These codes can be sent to you via email or text message along with your submitted information as you check out. The verification codes can be sent to you via text message, voice call or through amazon code
amazon.com/code
amazon.com/us/code
amazon.com/us/code

buttler6987 mengatakan...

Very Interesting Post, thanks for sharing. plex.tv/link


Anonim mengatakan...

en son çıkan perde modelleri
MOBİL ONAY
Mobil Odeme Bozdurma
Nft Nasil Alinir
ankara evden eve nakliyat
Trafik sigortası
dedektör
web sitesi kurma
ask kitaplari

Anonim mengatakan...

kartal mitsubishi klima servisi
ümraniye mitsubishi klima servisi
beykoz arçelik klima servisi
üsküdar arçelik klima servisi
pendik samsung klima servisi
pendik mitsubishi klima servisi
tuzla vestel klima servisi
tuzla bosch klima servisi
tuzla arçelik klima servisi

RSM Enterprises mengatakan...

Deal with ED & Sexual Problem Successfully Through Lilyfil 20mg
Tadalafil 20mg

mark Steve mengatakan...

i have seen used hydraulic press for sale in germany can you tell me how much it would cost to bring that machine to UK

The Dark Attitude mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
branden carter mengatakan...

Thanks for sharing such a wonderful and amazing content. Please keep sharing. https://www.postingat.com/tips-to-manage-voc-in-construction/

Snuggle hunny kids mengatakan...

Your blog is very nice I have updated my website please check that out: 8 ball hooded leather jacket

Encore Audio mengatakan...

Very nice blog check out Professional Audio Equipment in USA

Snuggle hunny kids mengatakan...

Great Article
Priemyselná röntgenová služba

Ragani Tiwari mengatakan...

Akshi Engineers Pvt. Ltd. is your trusted partner in industrial equipment solutions for Rolling Machine Egypt. We specialize in manufacturing and distributing top-quality rolling machines, serving diverse industries with precision, reliability, and innovation.
Hot Rolling Mill Manufacturer in India
Rolling Mill Manufacturer
Drives & Automation
Automatic Bundling Machine
Turnkey Solution for TMT Bar Mill in Egypt
TMT Quenching Box Manufacturer in Egypt
TMT Quenching Box Manufacturer in Saudi Arabia

Unknown mengatakan...

Tomamos la goma y marcamos un punto en ella con un rotulador, para que no진주출장샵s sirva de referencia. Colocamos la goma dentro del tubo de plástico y la sujetamos con el tapón de corcho, de forma que el punto de referencia próximo al comienzo del gancho. Este será el cero de la escala.

Unknown mengatakan...

To achieve success in a top ranked small business, having a wide social network is of immense benefit. Top ranked online business give hands김해출장샵ome rewards for roping more people in. With an active social media presence, you can enhance your prospects tenfold when compared to what you can do offline.

Jacket Hunt mengatakan...

Thanks for sharing such interesting and wonderful information with us.
men's shearling leather vest

Riya Gupta mengatakan...

Your blog serves as a roadmap for anyone navigating the complexities. It's a reliable guide for those embarking on their learning journey.toilet cubicle Explore a range of color options to create a restroom ambiance that resonates with your vision.

Anonim mengatakan...

This is really amazing kind of blog. I love it a lot. thanks a lot for sharing with custom lapel pins

Lewine Photo mengatakan...

Incredible artistic creation When headshot photographer in Los Angeles opened it and saw the artwork, I was pleased to see the educational content.

Posting Komentar